KARTINI – Kurva kasus Covid-19 Kuningan pada minggu kemarin sempat melandai, akan tetapi, hasil Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat dari swab massal Kuningan cukup menyengangkan karena ada yang positif.

“Saat ini saya agak sedikit lemes mengumumkan hasil dari test swab kemarin,  yang dilaporkan oleh dinkes ,”jelas Acep saat konferensi pers, Selasa (30/6/2020).

Meski begitu Bupati Kuningan, tetap mengumumkan hasil test swab yaitu dari 390 orang, 9 orang dinyatakan positif Corona. “Itu merupakan hasil swab dari 6 Kecamatan, di setiap Kecamatan ada yang positif, namun yang paling tinggi angkanya adalah Kecamatan Kramatmulya sebanyak 3 orang, Lebakwangi 2 orang, dan yang lainnya Cilimus, Kuningan, Cigugur, Darma, masing – masing satu orang,”papar Bupati.

Bupati Kuningan pun menjelaskan pada awalnya PSBB Kuningan akan berakhir pada 26 Juni 2020, dan memasuki persiapan masa new normal, namun berdasarkan hasil Swab tersebut, Bupati pun mengambil kebijakan dengan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

“Dengan ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Mikro sesuai dengan wilayah yang terpapar. Maka patroli aparat keamanan akan kembali lagi ke 4 bulan yang lalu,” ungkapnya.

Kemudian Acep menegaskan, dengan diterapkannya PSBM maka patroli malam pun akan kembali ditegakkan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat.

Menyikapi tindakan disiplin bagi masyarakat, Kapolres kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik memantau saat ini disiplin masyarakat di lapangan sudah mulai longgar.

“Hal itu dikarena ada beberapa faktor, yang pertama adalah euforia bahwa kuningan zona biru, yang kedua dengan persiapan new normal kemaren,” ujar Kapolres Kuningan.

Dengan demikian Kapolres Kuningan pun mewanti kepada warga Kuningan untuk tetap menggunakan masker, jaga jarak, mengurangi kerumunan.”Dengan PSBM Kami akan kawal daerah yang dinyatakan positif,sedangkan untuk makro kami akan kawal kembali di pusat keramaian,pariwisata, termasuk pembatasan jumlah pengunjung, dan pembatasan waktu oprasional,”tandasnya.(dien)**

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…