KARTINI – Siapa yang tidak kenal mayones?, saus berwarna putih kental yang pertamakali dipasarkan di New York, Amerika pada tahun 1905 ini memang paling cocok dioleskan ke roti burger, sandwich, atau tambahan di risol, sosis dan juga salad.

Dahulu kala, mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah saus bergengsi yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Namun sekarang mayones sudah banyak beredar di pasaran. Dari mulai mayones yang harganya mahal, sampai mayones curah dengan harga terjangkau masyarakat ekonomi kecil.

Menurut Laily Nihayati, salah seorang sumber dari LPPOM MUI, menerangkan, bahan dasar dasar mayones biasanya tidak bermasalah dari segi kehalalan, namun untuk meningkatkan cita rasa, bisa jadi ditambahkan bahan lain yang harus dikritisi status kehalalannya.

Cuka/viniger misalnya, jika terbuat dari bahan alami (anggur, apel) atau nira kelapa halal dikonsumsi. Namun jika cuka terbuat dari khamr, seperti wine vinegar, rice vinegar, spirits vinegar, cider vinegar, sherry vinegar, dan balsamic vinegar, hukumnya haram dikonsumsi.

Sisi lain yang perlu dicermati adalah penggunaan lesitin yang biasanya dipakai sebagai unsur emulsifer/stabilizer di dalam mayones. Lesitin adalah senyawa fosfolipida yang berasal dari lemak, tentu bisa lemak hewani maupun nabati. “Apabila berasal dari lemak hewani, harus dipastikan status kehalalannya,” tandas Laily.

Lesitin juga dapat diekstrak dari bahan nabati, seperti biji kedelai. Lesitin kedelai halal jika dalam proses produksinya tidak menggunakan bahan-bahan yang diharamkan. Apabila hidrolisis lemaknya menggunakan enzim yang diharamkan, maka lesitin kedelai ini menjadi haram.

Cermati Minyaknya

Kemudian cermati juga dengan minyak yang digunakan untuk campuran mayones. Apakah terbuat dari bahan nabati atau hewani. Nah, untuk amannya, Sahabat Kartini harus cermat memilih mayones ya, apakah halal apa haram. Sekarang sudah banyak beredar mayones sachet atau botolan dengan sertifikat halal.

Ternyata mayones ini bisa pula dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang penting bagi tubuh, dan juga cita rasanya mempunyai keunikan tersendiri. Bisa menggunakan tambahan buah sari lemon, bawang putih, bawang bombay, acar, saus tomat, yoghurt dan lain sebagainya. Gizi dari mayones pun sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena terbuat dari bahan utama minyak nabati dan kuning telur.

Jadi mayones ini banyak mengandung vitamin SE, A, Protein yang tinggi, lemak, kolesterol, dan asam amino yang penting bagi tubuh selama dikonsumsi dalam jumlah yang pas.  Jadi hati-hati ya, saat membeli mayonis. Jangan lupa lihat kompisisi bahan yang dipakainya, termasuk sertifikat halal pada kemasan/botol mayones. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…