KARTINI – Selama Pandemi Covid -19 ternyata penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan, dan sekitar tiga bulan terakhir sudah ada tiga kali penangkapan oleh penegak hukum terhadap warga Kuningan.

Demikian dijelaskan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kuningan, Edi Heryadi, Kamis (18/6/2020), kepada media, saat konfrensi pers, atas penangkapan AJ bin NN, warga Kec. Ciawigebang, pada 10 Juni lalu.

Edi sangat menyesalkan atas prilaku warga Kuningan yang merusak warga Kuningannya sendiri. Dari hasil telisik, ternyata warga Kuningan tersebut kebanyakan yang merantau, dan saat kemarin mudik pada massa Pandemi ternyata disalahgunakan untuk mengedarkan obat-obat terlarang.

“Transaksi yang mereka gunakan yaitu dengan cara sistem tempel, ada yang adu bangong/ketemu, bahkan ada yang lewat online. Cara mereka bertransaksi dan penyalahgunaannya juga sudah dengan canggih lagi, mengikuti zaman,” paparnya.

Sementara itu, penangkapan terhadap AJ bin NN pada 10 Juni, setelah adanya kelonggaran protokol Covid-19, pihaknya mulai melakukan pergerakan. “Sekitar pukul 13.00, kami berhasil menangkap tangan,tersangka AJ bin NN yang merupakan warga Kecamatan Ciawigebang, “papar Edi.

Tersangka diduga kedapatan membawa narkotika golongan I,  jenis Sabu – sabu sebanyak 3 paket sedang dan 1 paket kecil dengan berat kotor 2,26 gram beserta 1 unit sepeda motor dan satu unit handphone,  sebagai barang bukti.

“Narkotika tersebut disembunyikan tersangka di dalam dash board motor, sehingga motor,  juga handphone tang dijadikan alat komunikasi kami, dan diamankan bersama tersangka di Kantor BNNK Kuningan,”jelasnya.

Sistem pembayarannya sendiri melalui aplikasi online, menurut pengakuan tersangka,sebagian narkotika digunakan sendiri dan sebagian lagi dijual seharga Rp. 300 Ribu hingga Rp. 700 ribu,tergantung pesanan.

Tersangka dikenakan pasal 112 ayat (1)JO,  pasal 127 ayat (1) huruf (a) undang-undang 35 tahun 2009 tentang narkotika. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…