KARTINI – Dunia usaha kopi yang sempat terhenti karena Pandemi Covid-19 kini mulai menggeliat lagi. Para pelaku usaha kopi sekarang mulai meracik kembali kopi yang sedang menjadi gaya hidup masyarakat tersebut, bahkan ada diantaranya yang mencoba mempertahankan trademark kopinya sebagai andalan bisnis yang menggiurkan.

Salah satunya adalah ‘Kopi Sekar Wangi Cibeureum’. Kopi tersebut terdiri dari bebarapa macam varian, diantaranya, kopi petik pelangi, kopi petik merah, kopi green bean (asalan,premium,speciality), kopi rostbean, dan ada juga kopi sachet-nya lho.

Pemilik Kopi Sekar Wangi, Titi Nuryati, saat berbincang dengan http://kartinikuningan.net menuturkan, kopi yang paling banyak diminati diantara aneka varian kopi tersebut yaitu kopi tradisional petik merah dan kopi green bean. “Menurut para konsumen, kopi tersebut memiliki aroma khas yang tidak terdapat pada kopi lain,” katanya.

Memang benar, aroma tersebut dihasilkan dari kualifikasi kopi dengan jenis terbaik serta memiliki 0% crek dan 0% defect, melalui proses rosting yang cukup hati-hati dalam penggunaan suhu api saat rosting, warna kopi rata dan aroma lebih tajam. Harga yang ditawarkan untuk kopi speciality, perkg antara Rp70 ribu sampai Rp90 ribu, sedang untuk premium Rp50ribu sampai Rp70 ribu perkg nya.

Penasaran dengan Kopi asli Kuningan ini?, silakan sahabat bisa datang langsung ke Cibeureum Kecamatan Cilimus ya. Disana sahabat bisa lengsung merasakan aroma kopi yang diracik tradisional. Sekar Wangi juga sudah banyak menyuplai ke sejumlah kafe di Kuningan kota dan sekitarnya.

Titi semakin percaya diri jika Kopi Sekar Wangi akan berhasil bersaing dipasaran setelah mendapat dukungan dari HIMPEKI (Himpunan Petani Kopi Indonesia), dan yang terpenting menurut Titi, ia didukung sepenuhnya oleh Suami dan keluarganya. Harapan Titi kedepan tidaklah terlalu muluk, Titi hanya ingin Kelompok Tani Sekar Wangi Cibeureum bisa memiliki Koperasi Tani hingga bisa semakin banyak membantu para petani kopi di Cibeureum. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…