KARTINI – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini ambigu. Para pengambil kebijakan dan masyarakat umum pun nampaknya sudah tidak sabar ingin menolak ‘phsycal distancing’.

Seperti yang dilakukan beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kuningan, pada Selasa (2/5/2020), menggelar syukuran ulang tahun dan perpisahan purna bhakti. Gelaran itu diabadikan lewat video, tidak lama video itu pun beredar di kalangan jurnalis dan masyarakat umum.

“Acaranya spontanitas, hanya ingin mengucapkan saja, dan itu atas inisiatif Kami (ASN) lingkup Setda untuk memberikan ucapan selamat kepada Pak Bupati. Sangat sebentar, hanya sekitar 20 menitan dan tidak ada acara muhasabah (salaman),” ujar Kabag Protokol dan Koppim Setda, DR.Wahyu Hidayah.

Sementara di video lainnya, disebut-sebut, sebagai acara Camat Cilimus, Eny Sukarsih, dalam rangka agenda dirinya yang memasuki masa purna bakti.
Beberapa netizen, ketika melihat video yang tersebar tersebut menanggapi kenapa di saat masa PSBB, para pejabat malah seolah memberi contoh untuk berkumpul-kumpul.

PWI Geram
Menanggapi sikap ASN yang kurang terpuji, Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., sangat menyesalkannya. Karena diduga sejumlah pihak termasuk kalangan birokrat tidak mengindahkan aturan tersebut. Padahal wartawan kerap memberitakan supaya masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan dan PSBB.

“Harusnya semua pihak bisa menahan diri sampai habisnya masa PSBB untuk memasuki tatanan new normal. Karena kita semua menghendaki supaya Covid -19 di Kuningan bisa cepat hekang dan tidak terus memakan korban,” kata Iyan.

Kalau birokratnya saja diduga tidak patuh, bagaimana dengan masyarakat umum yang selama ini menjerit karen peraturan PSBB. Ia juga meminta untuk menghargai para wartawan yang seringkali dibuli nitizen karena dianggap beritanya hoax, padahal sesuai fakta di lapangan.

“Hargai juga usaha keras tenaga medis yang keselamatannya selalu terancam karena penanganan virus Corona. Marilah kita saling menghargai dan mendukung demi terciptanya kuningan yang kondusif dan sehat,” pintanya. (kh/dien) ***

Facebook Comments

Check Also

Batu Unik Situs Batu Jangkung Bisa Jadi ‘Ikon’ Wisata Alam

KARTINI – Batu-batu kecil yang mengelilingi Situs Batu Jangkung nampak menggambarkan…