KARTINI – Momen 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila harus dimaknai secara mendalam oleh seluruh lapisan masyarakat dan jangan memberikan peluang bagi orang-orang yang mencoba mencuri Kesaktian Pancasila.

Demikian dikatakan Dandim 0615 Kuningan, Letkol CZi, Karter Joyi Lumi, selepas memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menggelar nonton bareng pidato Presiden RI, Senin (1/6/2020) pagi, di Ruang Loby Makodim 0615 /Kuningan, bersama Kasdim 0615 /Kuningan, Mayor Inf Dedy Suhardjito serta Perwira Staf Kodim 0615 /Kuningan.

“Jangan sekali- sekali berikan peluang bagi orang – orang yang mencoba mengunci Kesaktian Pancasila, karena rakyat bersama TNI adalah Garda Terdepan yang akan Membasminya,” pesannya.

Dikatakannya, 1 Juni merupakan hari yang sangat berharga, dan harus bisa memaknai secara mendalam dari Hari Lahirnya Pancasila tersebut. Sebagai Warga Negara Indonesia, 1 Juni adalah hari dimana dasar kita bernegara lahir, dan mampu mempersatukan seluruh bangsa tanpa memandang SARA.

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman, adat, budaya, suku, agama. “Maka dari itu bila tanpa Pancasila dengan  Bhinneka Tunggal Ika-nya, mungkin Kita sudah lama tidak mengenal Lagi yang namanya Bumi Nusantara, “papar Dandim.

Letkol Czi Karter Joyi Lumi pun bersyukur memiliki Founding Fathers Negara ini, yang telah memikirkan dampaknya apabila kita tidak memiliki Ideologi yang mempersatukan.

“Tapi harus selalu diingat bahwa sampai dengan saat ini Pancasila masih harus kita bela dan amalkan, karna masih ada segelintir orang mencoba untuk mengutak-atik Pancasila,”katanya. (dien) **

Facebook Comments

Check Also

Tim Gabungan Sisir Tempat Wisata, dan Lakukan Tes Swab Antigen

KARTINI – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan ternyat…