KARTINI – Yayasan Pemuda dan Olahraga Kwartet Nusantara bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, pada Rabu (13/5/2020), menggelar Seminar Kepelatihan Online bagi ratusan pelatih olahraga se-Indonesia.

Ketua Pelaksana Seminar Kepelatihan Online, Dewi Asri Hasan, K.S.Kom., menjelaskan, seminar tersebut dilakukan melalui aplikasi zoom yang bisa diikuti siapapun (vidio conference) lewat handphone maupun personal computer. Seminar online kemarin tersebut adalah seminar gelombang pertama bagi pelatih olahraga, dan diikuti oleh peserta dari 14 provinsi di Indonesia, diantaranya, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Maluku, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Jayapura, Jawa Barat dan DKI.

“Seminar pertama ini mengambil tema berbuat untuk bangsa pada kondisi pandemi corona. Jadi para nara sumber yang dihadirkan dalam seminar online itu sama sekali tidak dibayar, mereka ingin berbagi ilmu dan memberikan semangat kepada para pelatih olahraga dalam menghadapi wabah ini,” ujar Dewi Asri yang juga sebagai pelatih karateka kepada kartinikuningan.net.

Sekalipun lewat jarak jauh, namun peserta tetap antusias dan asyik mengikuti seminar selama lebih kurang tiga jam itu. Diskusi hangat seputar pandemi covid-19 dan tantangan bagi para pelatih olahraga menjadi obrolan yang penuh inspirasi. Terlebih olahragwan adalah salah satu hobi yang dapat menangkal virus karena melalui olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Tapi ya itu tadi, karena ada larangan tidak boleh berkegiatan termasuk berolahraga, maka olahragawan juga aktifitasnya dibatasi, hanya boleh berolahraga di rumah saja. Sehubungan dengan banyaknya even olahraga di tahun 2020 ini dan tantangan pelatih olahraga pun semakin berat, maka tetap diperlukan adanya pelatihan supaya para pelatih olahraga di Indonesia ini bisa menjawab tantangannya,” paparnya.

Even seminar daring tersebut kerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, dengan nara sumber Kemenpora RI, A.Arsani, S.IP., M.Si., The Legend Karate Indonesia DR.Rosi Nurasjati, DR. Sudrajat, Dosen UI yang juga Pelatih Nasional Selam, DR. Albertus F., Dosen FKIP UNPATI yang juga Ketua Umum Pengprov Wushu Maluku, dan DR. Johny Lumba, Dekan FDP UNKAW NTT yang juga Pelatih Nasional Tinju. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…