KARTINI – Dicurigai melakukan ritual penarikan uang dari alam gaib, sekelompok orang yang tengah berada di rumah milik H.Jojo, warga Jln. Cut Nyak Dien No.25, RT.07/01 Kel. Ciporang Kuningan, pada Selasa (5/5/2020), sekitar pukul 22.00 wib, berhasil digeladah dan dibubarkan personel Kodim 0615 Kuningan.


Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Babinsa Ciporang mendapat informasi dari masyarakat bahwa di Lingkungan RT. 07/01 Kel. Ciporang Kec/Kab. Kuningan terdapat sekelompok tamu dari luar Kuningan yang diperkirakan sudah 5 hari tinggal di rumah yang akan dijual milik Bpk. H. Jojo. Akan tetapi mereka tidak melapor kepada ketua RT setempat.

Masyarakat pun mencurigai gerak-gerik warga yang tidak dikenal itu, dan salah seorang yang dipercaya pemilik rumah untuk memegang kunci mengendus adanya sesajen, bakaran lilin serta dupa di rumah itu yang dijadikan ritual dan diduga keras menyimpang dari agama.

Akhirnya, masyarakat Ciporang berkoordinasi dengan Piket Provost Kodim 0615 /Kuningan, Babinsa dan ketua RT. 07/01 serta tokoh pemuda untuk mendatangi rumah yang dijadikan tempat ritual, pada pukul 21.30 wib. Tidak lama kemudian personel TNI (Kodim 0615) dibantu warga melaksanakan penggeladahan dan pembubaran  kegiatan yang diduga keras ritual penarikan uang alam ghaib.

Dari hasil penggeladahan, terdapat 4 orang  asal Kab  Ciamis dan  2 orang dari Kuningan sendiri. Mereka adalah YP (23), IS (30) warga Kuningan, sedangkan Sp (51), YI (46), AT (48), dan NF (20) adalah warga Ciamis.”Dari hasil introgasi, alasan mereka melakukan ritual dengan menggunakan sesaji itu untuk mengusir mahluk halus yang menghuni rumah Pak Jojo, dan akan dibeli oleh sodara IS warga Kuningan, ” ujar Babinsa.


Kerumunan itu dibubarkan karena terkait Pandemi  Virus Covid-19 di wilayah Kab Kuningan, dan dikhawatir kegiatan tersebut menjadi aliran sesat serta para pelaku diperintahkan untuk kembali ke daerahnya. “Kami ucapkan terimakasih atas peran Kodim 0615 Kuningan yang sudah mengawal kami dan membubarkan kegiatan kerumunan tersebut,” ujar salah seorang pemuda Ciporang. (kh)*** 

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…