Akibat Covid, PPDI Ajukan Penangguhan Cicilan ke Bank Kuningan

Dua Hari Lagi PSBB, TNI Siap Amankan Kebijakan Tersebut
May 4, 2020
Jaga Pelita Bagikan Masker dan Bingkisan Kepada Anak Dengan HIV/AIDS
May 5, 2020

Akibat Covid, PPDI Ajukan Penangguhan Cicilan ke Bank Kuningan

KARTINI – Sejumlah aparat desa di Kabupaten Kuningan meminta Bank Kuningan menangguhkan pinjaman selama pandemi Covid-19 termasuk meringankan suku bunga dari para debitur aparat desa. 


Keinginan tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kuningan, Surhani, dalam audiensi dengan Bank Kuningan, Senin (4/5/2020), di aula bank tersebut. Kedatangan mereka diterima Direktur, Deni Heryana.


Menurut Surhani, situasi pandemi sekarang menyebabkan situasi ekonomi tidak menentu. Bagi aparat desa yang berpenghasilan lebih kecil dari ASN, maka menghadapi situasi ini benar-benar menjadi beban. Selain itu, Surhani berharap, Bank Kuningan menurunkan juga suku bunganya. “Yang kedua terkait asuransi mohon dilaksanakan kembali apabila ada musibah bagi perangkat desa baik yang meninggal ataupun yang tiba-tiba diberhentikan,” tutur Surhani yang juga menjadi Kaur Umum Desa Ciasih.

Menanggapi aspirasi itu, Direktur Bank Kuningan, Deni Heryana meminta PPDI untuk melayangkan surat secara resmi perihal keluhan yang disampaikan oleh aparat desa tersebut. “Karena ada beberapa aturan dari OJK yang mengikat terkait usulan-usulan dalam pandemi, maka aspirasi ini harus dituangkan dalam surat resmi, baru kami bisa mengkajinya,”jelas Deni.


Aspirasi itu baru permohonan, pihak Bank Kuningan pun tidak bisa langsung merelaisasinya, namun perlu dikaji dan disurvei kelayakan dari usulan itu sendiri. Intinya untuk yang terdampak langsung oleh Covid-19 tidak punya penghasilan untuk bisa mengajukan penangguhan ke Bank manapun, tetapi menurut Deni, apabila punya penghasilan tetap dan tidak terdampak itu tidak bisa ditangguhkan.
Penangguhan tersebut bisa seperti, untuk sopir ojol (ojek online), pelaku usaha kecil di bidang wisata, dan sebagainya. “Maka dari itu untuk pertemuan hari ini kami akan bahas dengan anggota dulu, sambil menunggu surat secara resmi dari PPDI,” pungkasnya. (dien)**

Facebook Comments

Comments are closed.