KARTINI – Selain peduli terhadap warga yang terdampak langsung Covid-19, Karang Taruna Kabupaten Kuningan pun peduli terhadap petugas lapangan yang menjadi garda terdepan perlawanan virus, dengan membuka dapur umum kacang ijo.


Dapur umum kacang ijo tersebut dibuka di beberapa titik posko penanganan, selama dua hari berturut-turut, yaitu pada Jumat -Sabtu (17-18 April) malam, atas kerjasama Karang Taruna dengan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kab. Kuningan. Selain bubur kacang ijo, juga pembagian masker bagi pengurus karang taruna yang piket di posko-posko kewaspadaan covid 19 khususnya posko kecamatan dan desa-desa di sekitar pos penanganan covid 19.


Jajaran Pengurus Karang Taruna Kabupaten, dibawah komando langsung Ketua, Elon Carlan mengunjungi Posko Penanganan Covid 19 di titik Tugu Perbatasan Perbatasan Cibingbin. Sasarannya termasuk petugas piket di Kecamatan, Puskesmas dan desa-desa wilayah Kecamatan Cibingbin. “Untuk hari kedua, kita mengunjungi Posko Penanganan Covid 19 di titik Tugu Ikan Sampora (Sasarannya termasuk petugas piket di Kecamatan, Puskesmas dan Desa-desa wilayah Kecamatan Cilimus, Pancalang dan Mandirancan),” terang Elon.


Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial, Drs. Dudy Budiana, M.Si. dan Sekretaris Dinas Sosial, Yosep Yanuar, S.Sos,  sebagai pembina fungsional karang taruna, terutama untuk melihat aktivitas dan konstribusi pengurus karang taruna kecamatan dan desa-desa yang membantu peran pemerintahan secara berjenjang, dalam pemantauan dan pengawasan dalam upaya penanganan penyebaran wabah virus corona.


“Bentuk kegiatanya berupa memasak bubur kacang ijo dikawasan posko pengendalian yang dikemas untuk dibagikan ke petugas dan beberapa warga masyarakat yang sedang berpejalanan yang memasuki kawasan posko pengendalian, selanjutnya didibagikan juga ke beberapa rekan-rekan pengurus karang taruna kecamatan dan desa-desa yang ada di posko piket kecamatan dan  desa,” ujarnya.


Karang Taruna sangat mengapreasiasi dan memberikan dukungan kepada petugas posko pengendalian yang sudah satu bulan lebih melaksanakan tugas di perbatasan, serta memberikan spirit kepada rekan-rekan pengurus karang taruna kecamatan dan desa-desa, yang sampai sekarang masih aktif melakukan kegiatan kampanye pencegahan.


Mereka juga menghimpun potensi sumber dan dana untuk pengadaan masker dan hand sanitizer yang dibagikan kepada warga secara gratis. “Semoga melalui kegiatan ini, tumbuh rasa kebersamaan dan semangat keterpaduan dari semua komponen dengan karang taruna yang didalamnya unsur pemuda siap menolong, membantu dan menjaga masyarakat sekitar,” harap Elon.


Elon juga mengapreasiasi kepada pemerintah Kabupaten dikawal oleh unsur TNI/Polri yang sudah fokus dan tanggap menggelar kebijakan dalam percepatan penanganan penyebaran Covid-19. “Dalam waktu dekat juga akan bekerja sama dengan komponen pilar partisipan, karang taruna, tagana, PSM dan TKSK untuk pendistribusian bantuan dari PKK Kabupaten,” pungkasnya. (kh) *** 

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…