KARTINI – Hari ini (Selasa, 14/4/2020) adalah hari terakhir masa Golden Periode sejak 1 April lalu, dan ternyata di pertengahan golden periode angka pemudik yang datang ke Kabupaten Kuningan semakin bertambah, dan apakah masa yang akan menentukan akan adanya peningkatan kasus dan transmisi lokal Covid-19 ini sudah terjawab di akhir priode ini?

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kuningan yang juga tim Crisis Centre Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, dr.H.Asep Hermana, Sp.B., FINACS, MM., menjelaskan, selama masa golden periode sangat diharapkan tidak adanya peningkatan kasus Covid, baik yang ODP, PDP, OTG maupun positif. Akan tetapi nyatanya, adanya peningkatan ODP yang signifikan.

“Angka pemudik harian ada di kisaran seribu orang, jika besok ada peningkatan ODP di bawah  5 %, berarti tidak ada penambahan yang signifikan. Golden periode berhasil kita raih. Tahapan selanjutnya adalah proteksi transmisi lokal,” ujar dr.Asep.

Ia memaparkan, cara proteksi transmisi lokal tersebut adalah dengan cara diawasi kepala keluarga, diawasi dua tetangga terdekat, diawasi kepala dusun, diawasi aparat desa dan penegakan oleh aparat desa. Dalam masa pengawasan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, baik oleh dirinya sendiri maupun oleh lingkungan.

Hal yang perlu diperhatikan tersebut, diantaranya, tidak ada pemudik yang keluar rumah dalam 14 hari sejak kedatangan. Adanya dukungan mulai keluarga, tetangga terdekat untuk kebutuhan pemudik. “Dan semua sepakat sesuai pendapat kang RK (Ridwan Kamil-Gubernur Jabar-red), bahwa pemudik dalam artian sosial ditetapkan sebagai ODP, sehingga masyarakat mempunyai tanggungjawab bersama untuk mencegah penyebaran virus ini,” paparnya.

Jika apa yang disebutkan diatas itu bisa dilakukan, fokus selanjutnya adalah pada tata laksana dan tracking ulang kontak PDP. “Insya Alloh dengan cara ini akan lebih mudah, semua harus sadar, jujur dan mau melawan virus. Sayangi diri, keluarga, tetangga dan semua masyarakat yang ada di lingkungan khususnya, umumnya semua warga Kuningan,” harapnya. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…