KARTINI – Situasi yang belum kondusif mengharuskan kita tetap berdiam dirumah bersama keluarga, terutama anak-anak yang masih diliburkan sekolahnya. Namun karena kondisi ini juga akhirnya kita tahu betapa anak-anak dalam masa pertumbuhan tiada hentinya makan dan ngemil, walhasil pendapatan tak ada pengeluaran terus mengalir.

Untuk menyikapi itu yuk kita coba membuat makanan ala jajan yang disukai anak-anak saat ini. Siapa sih yang tidak tahu seblak dengan bumbu khas aroma kencur yang seger serta rasa pedas yang nendang. Nah buat ibu-ibu dirumah ada resep sederhana yang bisa dicoba untuk membahagiakan putra putri kita dengan budjet yang terbatas.

SEBLAK CEKER ( untuk 4 orang )

Bahan :

0,5 kg ceker ayam

gr makaroni

50 gr kerupuk bawang

2 buah mie telor

2 buah telor (kocok lepas)

2 liter air

4 sdm minyak goreng

Bawang goreng (taburan)

Bumbu-bumbu :

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

10  buah cabe rawit merah

4 buah cabe merah

1 ruas jari kencur

4 butir kemiri

Garam secukupnya

Cara membuat :

Rebus 1 liter air setelah mendidih masukkan makaroni, mie telor dan kerupuk, tutup kemudian matikan api, haluskan bumbu kemudian tumis hingga harum masukkan 1 liter air kemudian ceker,  setelah mendidih masukan garam secukupnya, serta bumbu penyedap rasa ayam setelah kurang lebih 15 menit (kaldu telah matang), masukan telor yang telah dikocok lepas, terakhir masukan makaroni, mie telor dan kerupuk yang telah ditiriskan. Dan seblak ceker siap disajikan dengan taburan bawah goreng diatasnya.

Nah mudah bukan dan pasti seluruh keluarg senang menikmati menu jajanan ini. Yuk kita coba dirumah alangkah lebih seru kita libatkan anak-anak sebagai tim..mari memasak.

Ditulis :

Vera Verawati (Kuningan 11/04/20)

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…