KARTINI – Meskipun jumlah warga Kuningan  yang dipantau tidak bertambah dan cenderung menurun tapi diharapkan warga masih disiplin dan tetap berada di rumah, karena  pekan ‘golden periode’ nya belum berakhir.


Demikian disampaikan  Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kuningan yang juga sebagai tim penanganan Covid-19, dr.H.Asep Hermana. Golden Periode adalah masa-masa inkubasinya virus, dan ketika warga terutama pemudik yang ada di Kuningan mau menahan diri, disiplin dan sayang kepada keluarga untuk diam di rumah, maka virus tersebut dengan sendirinya akan mati karena tidak menyebar ke yang lainnya.


Kalau dilihat dari grafik adanya penurunan ODP aktif, 329 – 302 – 229 -130 – 69. Itu berarti adanya kedisiplinan warga, dan diharapkan pekan ini warga tetap mau menahan diri untuk disiplin, diam di rumah untuk melawan Covid-19. 


“Ini juga bisa menjadi pertanda Alloh tetap sayang sama orang Kuningan. Tanda fisiknya, yaitu eektifnya program yg diterapkan Pemda Polri dan TNI dan para pendukungnya, peningkatan kesadaran masyarakat dengan pengawasan di desa masing-masing,  keberhasilan edukasi tim Puskesmas dengan dukungan media yg begitu agresif dan keberhasilan tatalaksana di area pelayanan RS sehingga ODP dan PDP bisa diturunkan,” paparnya.


Untuk itu, ia mengajak kepada warga Kuningan untuk bersama melawan virus dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan supaya ketika Romadhon, semua umat Muslim, khususnya di Kuningan bisa melaksanakan seperti ibadah shaum di tahun-tahun sebelumnya.


Sementara itu, jumlah yang positif bertambah menjadi 3. Penambahan ini dari jumlah PDP yang beberapa hari lalu menjalani Swab, dan ternyata hasilnya positit Covid-19. Penambahan itu pun bisa menjadi salah satu pijakan bagi warga supaya jumlah Orang Tanpa Gejala(OTG) dan PDP terus menurun dengan mengikitu anjuran #Cicingdiimah#, terutama di masa golden periode ini. (kh) *** 

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…