Cegah Covid-19, Warga Kadugede Kumandangkan Adzan di Lima Titik Perbatasan Kampung

Karang Taruna Kembali Turun dan Bagikan Stiker “Resik Diri Resik Lingkungan, Tong Chiling Ching Chat Cicing Di Imah”.
April 5, 2020
Jaga Pelita Bagikan Masker dan Makanan Kepada Terdampak Covid-19
April 6, 2020

Cegah Covid-19, Warga Kadugede Kumandangkan Adzan di Lima Titik Perbatasan Kampung

KARTINI – Tidak hanya dengan metode penyemprotan disinfektan dan karantina desa saja, namun metode spiritual dengan mengumandangkan adzan menjadi salah satu cara untuk menolak wabah covid-19.

Hal tersebut dilakukan warga Kampung Puhun, Blok Pesantren Desa Kadugede, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, di lima titik perbatasan kampung, pada saat magrib tiba, sejak Jumat (3/4/2020).

Adzan dikumandangkan di lima titik perbatasan kampung yaitu Blok Pesantren, Blok Parenca, Blok Bangong, Blok Garaseah, Blok Cilodong dan di pusat Kampung Puhun.

Menurut salah satu warga, Deni Dadawuk, bukan hanya adzan yang dilakukan warga, melaksanakan dzikir dan mengaji di rumah juga dilakukan, agar wabah Corona segera berlalu. “Bukan hanya adzan saja, tapi warga pun dzikir, mengaji Yasin, berdoa kepada Allah SWT, agar musibah ini segera berlalu. Karena hanya dengan berdoa kepada Allah SWT lah, salah satu solusi yang bisa menenangkan kami,” tuturnya.

Dadawuk pun menambahkan selain adzan di Desa Kadugede, di setiap jalan masuk Dusun juha ada Karantina Wilayah Parsial, dari pukul 18.00 – 06.00 WIB, ini untuk mencegah adanya paparan covid-19 dari pendatang.

Sementara itu warga kampung wage pun akan melaksanakan hal serupa di perbatasan kampung wage. “Hanya ini yang bisa kami lakukan, agar Dusun kami bisa bebas dari covid-19, selain berdoa keda Tuhan ya, kami pun berikhtiar dengan membuat posko di setiap jalan masuk dusun,”ujarnya. (rohimah) **

Facebook Comments