KARTINI – Karang Taruna Kabupaten Kuningan kembali bergerak peduli terhadap perlawanan Covid-19 dan Tebarkan Kesetiakawanan Sosial kepada masyarakat Kuningan, terutama yang terdampak dari paparan virus tersebut.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan, Elon Carlan, didampingi Majelis Pertimbangan Karang Taruna, DR. H.Toto Toharudin dan para pengurus, membagikan masker, nasi bungkus dan menempelkan stiker himbauan, kepada seluruh sopir angkot yang melintas di jalur protokol kuningan, pada Minggu (05/04/2020).

Aksi Terbarkan Kesetiakawanan Sosial ini pun dilakukan oleh jajaran pengurus secara serentak dilakukan di lima titik berbeda. Yaitu, perempatan citamba, pasar baru kuningan, Jl. Ir. H. Juanda, (pasar baru sektor bagian timur), pasar ciawigebang dan pasar cilimus.

Ketua Karang Taruna Kabupaten, Elon Carlan menyampaikan, aksi ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Surat Bupati Kuningan Nomor : 440/1080/Kesra tanggal 27 Maret 2020 perihal kesediaan menjadi relawan seluruh jajaran Karang Taruna dari tingkatan pengurus Kabupaten, Forum Pengurus Kecamatan dan Karang Taruna Desa/Kelurahan.


“Sebagai bentuk respon positif terhadap surat Pak Bupati dimaksud, Karang Taruna pada setiap tingkatan sudah ikut serta menjadi bagian dari komponen kabupaten kuningan yang proaktif ikut serta dalam pencegahan penularan wabah virus corona,”papar Elon.


Beberapa langkah dan upaya Karang Taruna, diantaranya langkah edukasi terhadap masyarakat, ikut serta dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan dan pemukiman termasuk penyemprotan, ataupun ikut menjadi bagian dalam posko pengendalian penularan wabah virus corona di desa/kelurahan. Salahsatunya mengedukasi, mendata, memotivasi dan melaporkan mobilitas penduduk terutama yang datang dari zona merah.


“Langkah yang dilakukan hari ini merupakan lanjutan dari kepedulian kami yang sebelumnya pada hari Sabtu 28 Maret 2020 kami berempati dan memberi dukungan logistic ke 6 titik posko pengendalian penularan wabah virus corona yang berada di daerah perbatasan,”terangnya.

Bentuk kegiatan kemarin berupa, pembagian 1.000 masker ke para pengunjung pasar tradisional, para sopir angkot dan kusir delman, khusus sopir angkot dan kusir delman disamping masker, kami mendistribusikan 200 nasi kotak , serta penempelan 1.500 stiker himbauan pencegahan penularan wabah virus corona dari Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan “RESIK DIRI RESIK LINGKUNGAN, TONG CHILING CHING CHAT CICING DI IMAH”.


“Kami menyadari upaya masih jauh dari peran beberapa pihak yang telah peduli dan berbuat dalam pencegahan penularan wabah virus corona. Teristimewa kepada petugas dinas teknis pemerintah kabupaten kuningan, Polri dan TNI, serta rekan-rekan relawan sosial dari ormas ataupun organisasi lainnya, yang setiap hari dari siang dan malam menjaga kawasan perbatasan di 6 titik posko pengendalian penyebaran wabah virus corona,”ucapnya. (kh) ***


Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…