Yuk Lawan Corona dengan Berkebun dan Menanam Bunga di Akhir Pekan

Semua Bergerak Untuk Corona, Kodim 0615 pun Sterilisasi Tempat Ibadah di Kuningan
March 21, 2020
Postingan Video Perkelahian Perempuan Menuai Kritikan, ASN Itu pun Langsung Menghapusnya
March 22, 2020

Yuk Lawan Corona dengan Berkebun dan Menanam Bunga di Akhir Pekan

KARTINI – Berkebun, membuat apotek hidup, menamam bunga atau hanya sekedar menyiram dan bercengkrama dengan bunga bisa menjadi salah satu solusi berwisata di akhir pekan. Hal ini bisa terhindar dari kerumunan warga yang rentan menularkan virus berbahaya seperti Covid-19.

Nah sahabat Kartini sederhana bukan untuk berwisata di akhir pekan ini. Jika Anda termasuk salah seorang yang suka traveling ke tempat-tempat wisata, termasuk yang sudah berencana berakhir pekan ke Kabupaten Kuningan rupanya harus ditunda dulu ya. Karena memang, di Kabupaten Kuningan sendiri, pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran penutupan tempat-tempat wisata hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Akan tetapi, jika Anda merasa jenuh dengan self isolated (isolasi mandiri), dan tidak terbiasa dengan social distance (menjaga jarak dengan orang lain-red) seperti yang disarankan pemerintah terhadap endemik Corona, apa salahnya melakukan wisata sendiri di rumah. Seperti apa si, wisata di rumah?, ada beberapa pilihan wisata yang cukup mengasyikan ala kartinikuningan, diantaranya :

  • Berkebun. Jika sahabat punya kebun, coba tengok seperti apa kebun Anda?, jika banyak rumputnya cobalah untuk dibersihkan. Kalau ternyata masih ada lahan kosong, coba tanami dengan pohon yang bermanfaat, seperti markisa yang mudah ditanam dan cepat berbuah. Bisa juga dengan tanaman sayuran, seperti sawi, tomat seledri, kol, dan lainnya. Selain sangat bermanfaat untuk gizi sehari-hari, ternyata dengan mengalihkan pikiran panik ke cara berkebun bisa merefresh diri dan menjadikan daya tahan tubuh lebih stabil dan kuat.
  • Membuat Apotek Hidup (tanaman obat). Saat ini, banyak orang yang sudah melupakan apotek hidup, padahal dengan membuat apotek hidup, bisa menjadikan hidup Anda lebih sehat alami tidak banyak terkontaminasi dengan paparan kimia yang berbahaya. Nah, apa salahnya jika menocba awali dengan menanam apotek hidup. Tidak perlu lahan yang luas, di pekarangan rumah minimalis pun bisa. Lalu, apa saja si, apotek hidup ini?, sebenarnya banyak sekali jenisnya, dan terlalu panjang jika diuraikan dalam sesien ‘rehat sejenak dari Covid’ ini. Misalnya yang sering dijadikan tanaman obat, diantaranya, temu lawak yang bermanfaat sebagai anti radang. Lidah buaya sebagai oabt diabetes melitus. Daun Dewa yang berfungsi mengeluarkan racun dari tubuh. Kumis Kucing yang bermanfaat sebagai obat batuk. Daun Jarak yang bisa mengobati sakit gigi, dan masih banyak jenis tanaman obat lainnya. Boleh dicoba, pasti Anda akan merasa asyik dan lebih bermafaat.
  • Menanam Bunga. Hal yang satu ini sangat mudah dilakukan, dan tidak perlu repot memiliki lahan yang luas. Tanpa punya lahan pun, menanam bunga di pot dan di teras rumah saja sudah jadi. Coba cari bunga kesukaan Anda dan keluarga Anda, lakukan di akhir pekan ini, dan ajak anggota keluarga Anda untuk membantunya. Keakraban dengan menanam bunga tidak hanya bisa menjadikan ikatan emosi keluarga semakin hangat, namun bisa menghilangan kejenuhan setelah seminggu dengan rutinitas kerja Anda.

Jika sudah punya banyak bunga, cukup dengan menyiram, memupuk dan memanjakan bunga-bunga yang dimiliki. Itu bisa menjadi bentuk wisata Anda di akhir pekan ini, bahkan kalau sudah merasa asyik bisa menjadi rutinitas liburan yang mengasyikan.

Solusi wisata akhir pekan dengan beberapa cara yang disebutkan diatas bisa menjadi saah satu obat kepanikan masyarakat saat ini. Jangan sampai masyarakat terlalu dibuat panik dengan wabah Covid-19. Karena kepanikan yang berlebihan terhadap satu hal yang berbahaya, yang menakutkan maupun yang mematikan ternyata akan mendongkrak lima kali lebih stres terhadap kondisi daya tahan tubuh seseorang, termasuk kepanikan terhadap Covid-19. Selamat mencoba, dan selamat berakhir pekan. *** (kh)

Facebook Comments

Comments are closed.