KARTINI – Selain tempat ibadah umat Muslim, tempat ibadah non Muslim di Kuningan pun disterilkan dengan penyemprotan disinfektan oleh Kodim 0615, pada Sabtu (21/3/2020).

Penyemprotan disenfektan dimulai pada pukul 09.00 WIB oleh Babinsa Koramil 1515/Cigugur, yang dipimpin oleh Plt Danramil, Pelda Samsul Bahri ke Gereja Katolik Kristus Raja Cigugur, Gereja Bethel Indonesia, Gereja Katolik Maria Putri Murni Sejati, Gereja Kristen Pasundan.

Salah satu pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG), Budi Warnoto, mengungkapkan komposisi kandungan disenfektan yang digunakan adalah Air 4 liter, Deterjen rinso 4 sdm, bayclean 4 sdm, biosol 8 sdm. “Komposisi yang digunakan sesuai anjuran standar kesehatan dari Rumah Sakit, yang digunakan untuk penyemprotan, ke depan kami akan tetap bekerja sama dengan Kodim 0615/Kuningan untuk melakukan penyemprotan secara berkala,” tutur Budi.

Budi berharap ke depannya petugas TNI yang akan melakukan penyemprotan menggunakan pakaian sesuai standar keselamatan dan kesehatan. “Mudah-mudahan ke depannya Babinsa dan petugas dari TNI bisa menggunakan pakaian keselamatan sesuai standar keselamatan dan kesehatan, soal saya lihatnya kasihan menggunakan jas hujan motor,” tutur Budi.

Sementara itu Pasteur Andreas Dedi Osc berterimakasih atas bantuan dari TNI, untuk penyemprotan disinfektan dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

Plt Danramil Pelda Samsul Bahri mengatakan penyemprotan tersebut akan dilakukan secara berkala guna meminimalisir adanya penyebaran Virus-19. “Penyemprotan Disinfektan merupakan program dari Kodim 0615/Kuningan, ke tempat ibadah. Kemarin menjelang shalat Jumat, dan hari ini penyemprotan dilakukan untuk menetralisir virus dan kuman di Gereja yang akan jelang peribadatan umat kristiani besok,”tukas Samsul.

Selain di Kelurahan Cigugur, Kodim 0615/Kuningan pun menginstruksikan penyemprotan kepada Koramil 1513/Garawangi di Gereja Khatolik Pasio Kristi, Gereja Bethel Indonesia.

Sedangkan wilayah Kuningan dilakukan oleh Koramil 1501/Kuningan di Gereja Khatolik Hati Kudus Yesus, Gereja Pantekosta. Selanjutnya untuk wilayah Subang dilakukan oleh Koramil 1502 ke Gereja Katolik Santo Carolus Borromeus. Dan Koramil 1504/Subang melakukan penyemprotan Gereja Khatolik Salib Suci, Gereja Khatolik Santo Yusuf. (rmh)

Facebook Comments

Check Also

Misoa Chiken Soup with Dry Mushroom, Yummy!

MUSIM hujan belum juga usai, cuaca dingin menjadi familiar. Kondisi kesehatan juga harus l…