KARTINI– Pemerintah Kabupaten Kuningan meminta kepada seluruh masyarakat supaya tidak panik dan tetap waspada terhadap Covid-19 (Corona Virus Disease-19), dan hingga berita ini ditayangkan belum ditemukan warga Kuningan atau orang luar daerah yang dirawat di rumah sakit Kuningan positif terpapar virus tersebut.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu memberi informasi yang valid dan real (nyata), dan tidak membuat orang panik. Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat supaya tidak panik dengan adanya virus ini, tapi tetap waspada untuk terhadap diri sendiri, lingkungan dan untuk sementara dianjurkan tidak dulu bepergian ke luar kota atau berada di keramaian,” ujar Bupati Kuningan H. Acep Purnama, didampingi Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafrie Dandel Malik, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Cartel Joyi Lumi, dan Sekda Kuningan DR. H. Dian Rahmat Yanuar, saat jumpa pers, di Pendopo, Senin (16/3).

Mengenai informasi yang tersebar di masyarakat via whatsaap, tentang ditemukannya warga Maleber Kuningan yang datang dari Cianjur dan meninggal karena terpapar Corona, Bupati menegaskah itu berita bohong (hoax). Informasi tersebut sudah sampai langsung ke bupati, dan bupati langsung melakukan antisipasi dengan menghubungi pihak Dinkes dan Puskesmas Maleber untuk memeriksa semua pasien. “Dari hasil pemeriksaan Puskesmas, tidak ditemukan pasien yang terpapar Corona, dan informasi itu hoax,” tandasnya.

Keresahan warga itu pun langsung direspon oleh Kapolres Lukman, dan pihaknya akan memback-up bupati dari semua berita hoax corona. Sedangkan penyebar hoax corona warga Maleber, dan sedang melakukan penyelidikan asal dari isu tersebut. “Kami sudah memerintahkan ke Kapolsek dan jajarannya untuk terus menyisir informasi yang  sudah meresahkan masyarakat tersebut, dan jika sudah ditemukan pelakunya akan segera ditindak,” jelasa Kapolres Lukman. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Kampung Dongeng Gelar Festival Hari Dongeng Nasional

KARTINI – Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan di masyarakat, termasuk di lembaga p…