KARTINI – Tidak hanya di lingkup pendidikan, Lapas Kelas II A Kuningan pun mulai Senin (16/3/2020), menutup kunjungan dan paket makanan bagi warga binaan hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Ini sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19. Kami juga melakukan sosialisasi kepada warga binaan, diantaranya, mengimbau kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Kuningan untuk selalu menjaga kebersihan Lingkungan dan kesahatan badan pribadi masing-masing guna untuk mencegah penyebaran Virus Corona,” ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kuningan, Gumilar Budirahayu, selepas teleconference aplikasi zoom, di jajaran Kementrian Hukum dan HAM RI, Senin (16/3/2020).

Dijelaskan Kalapas, Penundaan kunjungan tersebut sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan selama waktu yang ditentukan. Apabila ada petugas Lapas atau keluarga yang terpapar Virus Corona (Covid-19) maka harus melaporkan kepada UPT dan Kanwil serta tidak boleh dijadikan aib, dan semua kegiatan pembinaan yang berhubungan dengan pihak ketiga pun ditunda untuk sementara hingga batas waktu yang ditentukan.

“Kami juga mensosialisasikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan tentang etika batuk dan etika berjabat tangan yang baik dan benar. Lapas Kelas IIA Kuningan terus berupaya mengambil Langkah Preventif Mengantisipasi Penyebaran COVID-19,” katanya.

Sementara itu, arahan dalam teleconference disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jabar, membahas tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Penyebaran COVID-19 di Lapas, Rutan dan LPKA di wilayah Jawa Barat. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…