KARTINI – Virus Corona atau Covid-19 saat ini sedang menjadi hal yang mengerikan bagi  masyarakat, terutama yang kerap berinteraksi dengan keramaian, pemerintah pun dibuat sibuk dengan ancaman tersebut. Padahal menurut praktisi kesehatan, pencegahannya sangat gampang yakni dengan selalu menjaga kebersihan badan, lingkungan dan kekebalan daya tahan tubuh.

Sahabat kartini, ternyata wudlu bisa menjadi salah satu jawabannya. Bagi Anda yang Muslim dan tidak ketinggalan dengan ritual shalat, tentu wudlu menjadi kewajiban sebelum melakukan shalat.  Menurut dr.Sagiran, M.Kes., SP.B., ritual bersuci umat Muslim tersebut mempunyai keunikan dan rahasia manfaat sekaligus mukjizat yang tidak ada pada ajaran agama lain.

Dr.Sagiran memaparkan, beberapa manfaat dan keunikan dari wudlu tersebut, diantaranya :

  1. Wudlu dan Aliran Darah Perifer

Penggosokan daerah sela-sela jari akan memperlancar darah perifer (terminal) yang menjamin pasokan makanan dan oksigen. Hal tersebut sudah tersurat dalam hadis riwayat Imam yang empat (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad Hambali) diterangkan “Sempurnakanlah dalam berwudlu dan gosoklan sela-sela jari kalian”. Perintah ini secara medis sangat bermakna. Mengapa sela-sela jari yang disebut?, ternyata di bagian itulah berjalan serabut saraf, arteri, vena dan pembuluh limfe.

2. Titik-titik Penting Terdapat di Anggota Wudlu.

Kita dapat memahami bahwa anggota wudlu yang dibasuh adalah bagian-bagian tubuh yang biasanya banyak bersentuhan dengan dunia luar. “Bagian-bagian tersebut umumnya tidak tertutup pakaian, bahkan memang menjadi alat kontak tubuh kita dengan lingkungan, sehingga paling banyak mengalami kontaminasi (kotoran), dan oleh karenannya secara logis paling perlu untuk dibasuh. Inilah aspek higiene dalam ritual wudlu,” ujarnya.

3. Ear Acupunture

Akupunktur telinga berkembang menjadi suatu cabang spesialisasi kedokteran di Cina. Menurut ilmu akupunktur, telinga adalah representasi dari tubuh manusia. Bentuk telinga serupa dengan bentuk tubuh saat masih berupa janin yang meringkuk dalam rahim ibu. Kepalanya adalah bagian yang sering dipasang anting. Daerah lubang adalah rongga bagian tubuh tempat tersimpannya organ-organ dalam. Melakukan stimulasi seperti wudlu akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ tubuh.

4. Wudlu dan Pencegahan Penyakit Infeksi

Membasuh wajah, kedua tangan hingga kedua siku, dan seluruh anggota wudlu secara umum memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan keringat dan kuman-kuman dari permukaan kulit. Air wudlu juga berfungsi membersihkan kulit dari kandungan minyak yang tertahan di kelenjar kulit.

Penelitian yang dilakukan dr.Sagiran dan beberapa dokter lainnya mengenai pengaruh bagi yang ber-wudlu dan tidak ber-wudlu terdapat populasi perbedaan. Seorang muslim disunahkan berkumur sebanyak tiga kali saat berwudlu sampai sisa-sisa makanan keluar dari mulutnya. Penelitian menunjukan bahwa berkumur dapat menjaga mulut, tenggorokan, dan gusi dari radang.

5. Kelebihan Wudlu Untuk Shalat Tahajud.

Dr. Sagiran juga meneliti kepada 10 orang, terdiri dari lima orang pengamal shalat tahajud dan lima orang bukan pengamal shalat tahajud. Tiap subjek diambil sampel salivanya untuk dihitung koloni bakterinya. Hasil analisis statistik, menunjuka hasil yang signifikan antara kelompok pengamal shalat tahajud dan kelompok bukan pengamal shalat tahajud.

Pengamal shalat tahajud rata-rata memiliki jumlah angka kuman lebih sedikit dibanding bukan pengamal shalat tahajud. Jadi, terdapat perbedaan populasi angka kuman di rongga mulut yang signifikan antar kelompok penelitian. Wudlu dalam shalat tahajud terbukti dapat mengontrol populasi angka kuman di rongga mulut.

Nah sahabat kartini yang beragama Islam, ternyata tidak sekedar ritual dan kewajiban semata. Namun ternyata, dibalik wudlu ada manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Sok, jangan terlalu panik ya dengan Virus Corona selagi kita bisa menjaga kesehatan kita, terutama dari sisi kebersihan diri. Apalagi menurut info, yang mati karena Virus Corona adalah kebanyakan non muslim. *** (kh)

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…