KARTINI – Potensi zakat di Kabupaten Kuningan ternyata cukup tinggi, namun realisasinya masih sangat rendah sehingga perlu adanya dorongan kuat dari berbagai pihak untuk menyadarkan masyarakatnya dalam berzakat.

“Tentu ini bukanlah pekerjaan mudah bagi kami dalam penghimpunan zakat, maka oleh karena itu kami berharap daya dukung yang kuat peran pimpinan dalam memberikan kebijakannya terhadap pengumpulan zakat di Kabupaten Kuningan untuk mendukung visi Kuningan Agamis serta mendukung pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kuningan,”ujar Ketua Baznas Kuningan, H. Encu Sukat, dalam acara Baznas Award 2019, Senin (24/2), di Gedung IPHI.

Potensi zakat di Kuningan sendiri mencapai Rp 159,443 milyar, namun yang terealisasi baru mencapai Rp 3,433 milyar (21,5%). Dari data tahun 2018 saja, zakat masyarakat potensinya sebesar Rp 144, 406 milyar yang terealisasi baru Rp 353, 634 juta (0,24%). Sedangkan potensi zakat ASN sangat tinggi. Jumlah ASN di Kuningan saja ada sebanyak 11.794 orang, maka potensi zakatnya mencapai Rp 15, 037 milyar dan yang terealisasi baru mencapai Rp 3,080 milyar.   

“Saya menekankan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakatnya lewat Baznas, apalagi Baznas sendiri telah memberikan penghargaan. Ya sudah sepantasnya ASN berzakat, dan jangan lupa zakatnya. Saya sendiri akan segera meghubungi bendahara untuk segera memotong penghasilan Saya untuk zakat,” ujar Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutannya dihadapan puluhan tamu undangan.

Meskipun capaian target zakat masih tidak signifikan, akan tetapi capaiannya selalu ditarget naik setiap tahunnya. Dari hasil itu sendiri, Baznas Kuningan berhasil mendapatkan Baznas Award Bidang Pendistribusiaan tahun 2011, Baznas Award Bidang Simba tahun 2015, Baznas Jabar Award Bidang Penghimpunan tahun 2018 dan Audit Eksternal dengan Opini Wajar tahun 2017 dan 2018.

Sedangkan masyarakat, lembaga dan ASN dilingkup Pemkab Kuningan yang mendapat penghargaan Baznas Award 2019, cukup banyak, diantaranya, Bupati H. Acep Purnama sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat, Sekda DR. H. Dian Rahmat Yanuar sebagai Pendukung Peduli Zakat, serta sejumlah SKPD lainnya. Selain itu, kategori Pertumbuhan Penghimpunan Terbaik UPZ dberikan pula kepada MTs dan MA. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Tim Gabungan Sisir Tempat Wisata, dan Lakukan Tes Swab Antigen

KARTINI – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan ternyat…