KARTINI – Valentine’s day ?, apa si sebenarnya?. Meskipun kartinikuningan sedikit telat menyampaikannya, apa salahnya Sahabat Kartini mencoba menyimak asal usul valentine’s day ini. Valentine’s Day  yang diperingati oleh sebagaian kalangan setiap  tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya.

Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera, dan masih banyak lagi kisah asal mulanya perayaan hari valentin dalam berbagai versi. Namun entah sejak kapan budaya merayakan hari valentin ini merambah ke Indonesia, dari mulai anak-anak hingga dewasa ikut-ikutan merayakannya, tradisi valentin biasanya diramaikan oleh rangkaian mawar nan cantik dan coklat dengan pita mengikat sangat manis.

Kasih sayang tidaklah hanya saat tanggal 14 Februari saja diungkapkan atau diekspresikan, melainkan setiap saat. Ungkapan kasih sayang pun tidak terbatas hanya laki-laki pada perempuan, atau teman dekat (pacar,kekasih), melainkan kasih sayang pada semua orang. Budaya merayakan hari kasih sayang (Valentine’s day) yang dibawa oleh budaya barat, cara mereka mengekpresikan rasa kasih dan sayang tentunya berbeda dengan kita, Indonesia sebagai negara berbudaya dan beragama tentu tidak seprontal mereka mengekspresikan rasa sayangnya.

Tiada waktu tertentu untuk sebuah kasih sayang, karena hidup akan terasa lebih indah jika setiap saat kita memenuhinya dengan saling mengasihi dan menyayangi, tidak saja pada keluarga dan orang-orang terkasih melainkan pada sesama, mengungkapkannya pun tentu dengan berbagai cara, sah-sah saja bila diantaranya menggunakan media bunga, coklat atau puisi dan hadiah.

Namun alangkah lebih baik jika kita bijak menyikapi sebuah perayaan, ambil sisi baiknya terutama sebagai muslim, terkadang perlu diungkapkan perasaan kasih dan sayang itu tapi tidak harus di tanggal 14 februari, kapanpun jika ungkapan kasih sayang itu perlu diekspresikan, nyatakan dan ekpresikan dengan cara terbaik, sebait doa untuk orang-orang terkasih dalam setiap sujudmu itulah ungkapan kasih dan sayang yang sebaik-baiknya. (Vera berbagai sumber)

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…