Tugu PWI Yang Dibangun 29 Tahun Lalu, Kini Dipercantik Kembali

Ritme Hidup “Jual Hp Demi Anaknya Sekolah”
February 9, 2020
Atas Permintaan Ridwan Kamil, Jabar Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2022
February 10, 2020

Tugu PWI Yang Dibangun 29 Tahun Lalu, Kini Dipercantik Kembali

KARTINI– Jika Anda kebetulan melintasi jalur Linggajati, tepatnya di Jalan Raya Bojong-Linggajati atau di seputar Open Space Galery, ada sebuah tugu batu unik yang diukir dengan logo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan dibalut dengan cat berwarna biru.

Tugu PWI tersebut dibangun sekira 29 yang lalu, pada Februari 1991, menjelang peringatan 45 tahun Perundingan Linggarjati, Pemda Kuningan dibawah pimpinan BupatiDrs. H. Subandi, memprogramkan Kuningan Asri dengan kiri kanan jalan protokol penuh dengan aneka bunga.

Menurut pengurus PWI Jabar Koordinator Ciayumajakuning,  Drs. H. Toto Santosa yang pada tahu 1991 menjabat Ketua PWI Kuningan, adanya program tersebut, PWI ingin ambil bagian dengan membuat taman dan Tugu PWI,  di jalur wisata Linggajati.

Maksud tersebut didiskusikan dengan Kades Linggajati, Eno Kusnadi dan Camat Cilimus yang saat itu dijabat Drs. H. Aman Suryaman. Keduanya menyambut baik dan sangat setuju dan dipilihkan lokasinya seperti yang sekarang berdiri.

“Mendapat sambutan positif dari Kades dan Camat Cilimus bahkan lokasinya sudah ditentukan,  Kami dari PWI menghadap bupati, kemudian dibuatkan surat permohonan sponsorship kepada PT. Djarum Kudus.  Tidak lama kemudian, Saya sebagai Ketua,  Wawan Hermawan Jr, Sekretaris dan Willy Kusumah Bendahara, berangkat ke Kudus membawa surat tsb. Pihak PTDjarum Kudus menyambut baik dan siap memberikan dana Rp 2 juta, melalui perwakilannya di Cirebon,” papar Toto.

Tugu tersebut berukuran tinggi 1,5 m x 1 meter persegi,  dicat warna memiliki dua muka yakni logo PWI dan sebelahnya djarum Super.  “Berdasarkan kesepakatan bersama antara PWI dan desa,  guna pengurusan dan pemeliharaan, selanjutnya  PWI menyerahkannya kepada Desa Linggarjati,” ungkapnya.

Akan tetapi, 29 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk ukuran bangunan, apalagi berada diluar ruangan, dan tugu pun terlihat kumuh. Akhirnya bertepatan pada Hari Pers Nasional (HPN) 2020, PWI Kuningan di bawah Kepengurusan Iyan Irwandi, S.IP., tugu itu kembali dipercantik dengan bodi tugu warna biru, sedangkan logo PWI dicat sesuai warna logo.

“Tugu ini adalah kebanggan kita semua sebagai anggota PWI, dan harus dirawat karena sangat bersejarah. Saya ucapkan terimakasih kepada semua pengurus dan anggota PWI Kuningan yang sudah rela membersihkan dan mengecat tugu ini, dan juga kepada pengurus PWI tahun 1991 yang sudah berjuang membangun tugu ini,” ujar Iyan.  (kh)

Facebook Comments

Comments are closed.