KARTINI – Viralnya serangan virus Corona ke Indonesia bahkan sudah menyerang ke daerah Waled Cirebon membuat masyarakat di wilayah tiga Cirebon termasuk masyarakat Kuningan khawatir dan banyak yang takut bepergian ke daerah Cirebon.

“Untuk Kuningan sampai sekarang dinyatakan aman, dan masyarakat tidak perlu khawatir dengan virus tersebut, selama tidak ada yang pulang dari Cina,” ujar Plt Kadis Kesehatan, dr. Hj. Susi Lusiyanti, melalui Kasi pada P2P, Trisno Basuki.

Kendati dinyatakan aman, pihaknya tetap responsif dengan menghimbau ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Kuningan, sejak wabah corona itu menyerang dunia termasuk ke Indonesia. Puskes diharapkan tetap waspada kepada semua pasien jika menemukan gejala-gejala tertentu yang mirif dengan flu biasa.

Akan tetapi jika di Kuningan sendiri, selama belum ada warganya yang pulang dari Cina ataupun yang sudah berinteraksi langsung dengan penderita virus corona,  tetap aman. Ketika ada anggota keluarga yang terserang flu dan batuk, saat ini dimungkinkan karena faktor cuaca yang penurunan daya tahan tubuh, bukan terserang virus yang berasal dari hewan tersebut.

Lalu apa itu Corona ?, Corona Virus adalah kelompok virus yang umumnya menjangkiti hewan, dan dapat membuat orang sakit pneumonia wuhan atau pneumonia China. Bagian tubuh yang terserang biasanya adalah saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip seperti flu biasa.

Gejala-gejala yang muncul meliputi pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Untuk demam, yang membedakannya dengan gejala penyakit lainnya adalah waktu serangan atau inkubasinya yang lebih lama, yaitu mencapai 14 hari.

Yang paling penting untuk mengurangi terinfeksinya virus apapun ke tubuh kita, yakni selalu cuci tangan dengan air bersih selama 20 detik, selalu makan makanan dengan nutrisi seimbang agar kesehatan selalu terjaga, dan selalu waspada dengan lingkungan sekitar agar tidak mudah terjangkit virus.

Nah Sahabat Kartini dengan nutrisi yang cukup, menjaga kebersihan anggota keluarga dan lingkungan bisa menangkal penyakit berbahaya tersebut karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Yang terpenting saat ini, jangan berinteraksi dengan penderita virus corona, dan sebaiknya dibatalkan dulu ya jika punya rencana berlibur ke negara Cina. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…