KARTINI – Ngobrol di warung kopi sejak dulu memang menjadi kebiasaan asyik para lelaki untuk bercengkrama dengan tetangga atau hanya sekedar nongkrong melepas lelah.

Lebih gaya lagi, jika ngobrolnya di sebuah kafe, menandakan status sosial seseorang. Bahkan di kafe-kafe tertentu di kota besar menawarkan beragam jenis kopi yang sama sekali tidak ada di desa, di daerah bahkan tidak ada di Indonesia (kopi import).

“Sekarang tidak lagi. Pengen merasakan kopi jenis apa saja, tinggal pergi ke kedai kopi dengan harga yang terjangkau. Kedai pun sudah banyak sekarang mah, tidak usah repot-repot ke luar kota,” ujar Roni, salah seorang penikmat kopi liberika saat nongkrong di salah satu kedai di Kuningan.

Memang benar, jika Sahabat Kartini jalan-jalan ke Kabupaten Kuningan, tidak usah bingung cari tongkrongan. Disepanjang jalan RE Martadinata saja, beberapa tempat asyik bisa dicoba. Bergeser dikit lagi ke Jalan Siliwangi, banyak kedai mengasyikan, banyak kaum perempuan juga yang menyukai kopi dan memilih menyeruputnya di kedai kopi dengan berbagai varian.

Beragam jenis kopi ditawarkan disana, seperti arabica coffe, vietnam coffe, japanesse coffe, liberika coffe, signature coffe, espresso bassed, manual brew, dan banyak lagi racikan kopi yang dipadupadankan dengan racikan lainnya. Meskipun rasa akhir dari kopi itu sendiri, ya, tetap pahit.

Tidak sekedar di dua jalan yang disebutkan diatas, di Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Semakar dan jalan pusat kota lainnya banyak kedai kopi. Bahkan kedai kopi bisa ditemui di jalan raya Kuningan-Cirebon, di pelosok kecamatan yang jauh dari pusat kabupaten pun sudah banyak berdiri.

“Bahkan Saya nekad untuk buka kedai di pelosok desa, yaitu di Desa Cijemit Kecamatan Ciniru. Awalnya memang ragu, tapi ternyata responnya cukup bagus, banyak yang memilih nongkrong di kedai kopi,” ujar Nabila, pemilik Kedai Saung Abah Ketom itu. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…