KARTINI – Saat ini banyak orang yang suka terhadap olahraga yang penuh tantangan dan menguji adrenalin, salah satunya adalah Rock Climbing yang biasanya disukai oleh anak muda usia sekolah.

“Rock Climbing wajib dikuasai oleh semua anggota, sebab bisa melatih ketahanan fisik dan kekuatan jemari, hal ini sangat dibutuhkan ketika anggota candradimuka melakukan perjalanan di hutan dan gunung yang daerahnya berkontur bebatuan dengan sudut kemiringan dan tingkat kesulitan tertentu,”Jelas Yasmin, Ketua Umum Candradimuka, organisasi pecinta alam SMAN 3 Kuningan.

Untuk menguasai olahraga rock climbing (panjat tebing), tidak hanya tehnik saja yang diperlukan, namun peralatan khusus pun amat penting dibutuhkan dalam olahraga ekstreem ini.

Untuk tahapan awal bagi pemula, menggunakan media konstruksi buatan manusia atau Buildering seperti jembatan, gedung bertingkat, tower yang dibangun bukan untuk tujuan panjat tebing, dan tebingnya tergolongpendek.

Latihan panjang tebing tersebut dilakukan oleh 20 anggota dengan menggunakan peralatan yang aman tentunya, para anggotanmuda Candradimuka terlihat amat serius saat berlatih, bahkan ada beberapa pemula yang memiliki wajah yang sedikit tegang, namun berhasil dicairkan oleh laskar tua Candradimuka.

Materi yang dilaksana saat latihan panjat tebing adalah prusiking (menaiki tebing) dan repling (turun tebing), yang merupakan tehnik wajib dalam panjat tebing. Peralatan khususnya diantaranya Helm, tali Karmantel, sepatu Panjat, Sling, Body Harness, Webing, Sarung tangan, Carabiners, Descender, Auto Stop dan lainnya.

Salah satu laskar tua Candradimuka Kang Feri mengatakan olahraga ekstrim panjat tebing memberikan manfaat melatih mental dan belajar mengambil keputusan secara cepat serta ampuh menghilangkan kecanduan gadget.(rohimah)

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…