BAGI Sahabat Kartini yang sudah memasuki usia menikah, tentu tidak harus buru-buru memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya. Namun akan lebih bijak, jika dari mulai mencari pasangan hingga bagaimana merajut rumah tangga kedepan, di-planing secara matang.

Ini diungkapkan oleh Isteri Gubernur DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis Baswedan, saat berbincang dengan kartinikuningan.com, di kediaman orangtuanya, di Jalan Afidik Kabupaten Kuningan. Memutuskan menikah bukan sekedar faktor suka sama suka, namun menikah secara dewasa adalah ketika mampu menyiapkan rencana hidup bagi rumah tangganya.

Menurut ibu dari empat anak ini, ada beberapa rencana yang harus dipersiapkan pasangan suami isteri sebelum merajut mahligai rumah tangga, supaya hidup menjadi terarah dan tujuan menikah pun menjadi jelas dan bahagia. Rencana tersebut diantaranya.

  • Samakan Persepsi. Kedua calon suami isteri harus bisa menyamakan persepsi tujuan dari menikah itu sendiri, supaya tetap sejalan.
  • Komitmen terhadap pekerjaan masing-masing. Hal ini harus benar-benar dimusyawarahkan, terutama bagi calon isteri yang bekerja atau aktif di kegiatan lain. “Jangan sebaliknya, sebelum menikah manis dan boleh, tetapi setelah menikah melarangnya, apalagi sampai melarang aktif diberbagai kegiatan sosial atau kegiatan lainnya. berarti tidak komitmen,” ujar Fery.
  • Rencanakan lima tahun kedepan paska menikah. Setelah menikah, jangan berfikir ‘bagaimana nanti’, tapi harus direncanakan ‘nanti bagaimana’. Dari mulai tempat tinggal, menyekolahkan anak, dan komitmen pekerjaan itu sendiri.
  • Menuju tujuan yang sama. Meskipun keduanya berbeda kegiatan, namun tetap pada tujuan rumah tangga yang sama, yakni menggapai mahligai rumah tangga yang Sakinah Mawaddah Warohmah.

Itulah beberapa rencana dasar yang harus dipersiapkan sebelum menikah. “Suka sama suka pasti nomor satu. Tapi kan kalau hanya mengandalkan suka sama suka saja, nanti yang ada malah cemburu lagi-cemburu lagi, bawaannya negatif tingkhing, ga pernah percaya. Kalau sudah begitu, ya bagaimana mau menggapai rumah tangga yang bahagia,” papar perempuan lulusan Nutrisi Universitas Illinois Utara DeKalb, AS itu.

Bagi Sahabat Kartini yang sudah mempersiapkannya secara matang, selamat ya menuju hidup baru. Tapi yang belum matang, apa salahnya persiapkan rencana-rencana yang disebut isteri Gubernur DKI tersebut ya. *** (KH)

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…