Waspada Hadapi Musim Hujan

Hari Ibu ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’
December 24, 2019
Apa Salahnya Kartini Bicara APBD
December 25, 2019

Waspada Hadapi Musim Hujan

Sekarang sudah memasuki musim penghujan, Sahabat Kartini. Tentu harus diantisipasi berbagai kemungkinan perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan ini, baik dari sisi kesehatan maupun dari lingkungan yang harus tetap dijaga.

Apalagi Kabupaten Kuningan ini termasuk daerah yang rawan bencana alam, dan kalau di musim hujan berarti rawan longsor. Pemkab setempat telah menghimbau kepada masyarakat untuk siap siaga menghadapinya.

Perubahan musim kemarau ke musim hujan ini, perlu diantisipasi potensi bencana. Berdasarkan kejadian tahun lalu terjadi longsor, banjir, pergeseran tanah, puting beliung. Kita berharap semoga tidak terjadi apa-apa,” pinta Bupati Kuningan H. Acep Purnama saat rakor beberapa waktu lalu.

Ada beberapa daerah yang rawan longsor, diantaranya Lebakwangi, Maleber, Ciwaru, Cilebak, Subang, Ciniru, Hantara, Darma, Nusaherang dan lainnya. Namun tetap untuk kecamatan lain pun dibutuhkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan ini.

Dihadapan peserta rakor gabungan, yang dihadiri Unsur Muspida, Muspika, meminta semuanya wajib  mengantisipasi agar kemungkinan-kemungkinan yang terjadi bisa  diminimalisir. Ia meminta kepada semua yang hadir agar mensosialisasikan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan, dan senantiasa waspada, sehingga masyarakat dapat mengetahui apa yang harus dilakukan.

Ia mencontohkan sampah, supaya tidak dibuang sembarangan karena akan berdampak banjir, ketika sudah masuk ke aliran sungai. Terkait hujan dibarengi angin akan dilakukan penebangan pohon yang rapuh dan pemangkasan. *** (kh)

Facebook Comments

Comments are closed.