Gema Jabar Hejo Ulin Ka Leuweung Cipasung

sample gallery post
June 5, 2014
Pejuang Sanding Data
December 17, 2019

Gema Jabar Hejo Ulin Ka Leuweung Cipasung

Puluhan perempuan diantara ratusan pelajar, mahasiswa, pegiat lingkungan dan warga lainnya nampak menanam sebuah pohon keras asli pulau jawa (sonobrit) diantara lubang-lubang di lahan reboisasi milik Desa Cipasung Kecamatan Darma Kuningan.

Aksi tersebut dilakukan para perempuan bersama tim dari Gema Jabar Hejo, pada Minggu (15/12), dalam momen Ulin Ka Leuweung. Mereka melakukan hal tersebut karena melihat lingkungan di era modern ini semakin butuh perhatian serius dari banyak pihak yang peduli terhadap lingkungan, dan tidak mau membiarkan bumi ‘marah’ atas sikap serahkanya manusia.

“Ini dilakukan melalui gerakan eco education ke sekolah-sekolah dengan penyuluhan tentang pentingnya arti pohon untuk revitalisasi mata air dan reboisasi, dan puncaknya diterapan dengan penanaman di Desa Cipasung yang merupakan desa penyangga Waduk Darma,” ujar Ketua Gema Jabar Hejo DPD Kuningan, Daeng Ali.

Ada sebanyak 400 bibit yang diterima dari Perhutani KPH Kuningan dan SMPN 1 Kuningan. Bibit tersebut diserahkan Pembina Gema Jabar Hejo DPD Kuningan, Hj. Heni Susilawati, M.Si., kepada Kepala Desa Cipasung, Nanang Nuryadi, S.Ag., didampingi Camat Darma, Didin Bahrudin, M.Si.

“Bibit yang Kami terima akan Kami tanam di delapan mata air, diantaranya, di Cai Kedung, Cai Kupa, Cai Landak, Cai Rawa, Leuwi Seeng, Cai Nangka, Cai Gawir, dan Cai Padung agar mata air tersebut bisa terus menghasilkan air yang menjadi sumber kehidupan masyarakat,” ujar Nanang.

Peserta yang ikut dalam Ulin Ka Leuweung itu berasal dari SMPN 1 Kuningan, MTsN 5 Darma, Mahasiswa Uniku, Igmapala, Gemapala, Jaga Pelita, Ampas, Budayawan, dan ibu-ibu warga sekitar serta para pegiat lingkungan. *** (kh)

Facebook Comments

Comments are closed.